Selasa, 17 April 2012

Wisata Murah Meriah Ke Kebun Raya Bogor

krb.jpg
Akhir tahun 2011 ini kebetulan saya mendapat libur beberapa hari. Bosan dengan kota jakarta, saya memutuskan berekreasi ke kebun raya bogor.
Kami berangkat dari stasiun Jakarta-Kota dengan commuter line, tarifnya Rp 7000 per orang hingga stasiun  bogor. Dari stasiun kota kami berangkat dengan commuter line di jalur kereta nomor 12 dengan waktu pemberangkatan pkl 7.45 pagi.
Selain digunakan untuk tujuan bogor, jalur 12 juga digunakan untuk kereta menuju depok. Jadi jangan sampai anda menaiki kereta yang salah. Karena jalurnya sama dan jadwalnya hanya berselisih beberapa menit.
Commuter Line cukup nyaman, ada ac yang cukup dingin, ada petugas keamanan di setiap beberapa gerbong yang juga bertugas sebagai kondektur. Jadi anda tidak perlu khawatir akan keamanan di dalam commuter line. Karena saya berangkat pagi hari, maka saya ambil posisi duduk dalam kereta pada bagian kanan agar tidak terkena paparan matahari yang menyilaukan, selain itu posisi ini juga memungkinkan saya melihat berbagai tempat wisata di ibukota seperti monas.
Setiba di stasiun bogor, kami berangkat ke kebun raya dengan mengendarai angkutan umum bernomor 03 dari stasiun bogor, berhenti di pintu 2. Hati-hati dalam menaiki angkot/kendaraan umum, apalagi jika penumpangnya hanya anda saja. Karena anda akan dipaksa membayar Rp 25.000, sedangkan umumnya tarif dari stasiun bogor hanya Rp 2000 per orang hingga kebun raya bogor. Lalu untuk anda yang baru pertama kali ke stasiun kereta bogor, tidak perlu heran dengan kebersihan stasiun yang kurang terjaga, sama saja dengan stasiun kereta di jakarta.
Istana Bogor
Istana Bogor terlihat dari Kebun Raya Bogor
Sesampainya di pintu 2 kebun raya bogor kami harus berjalan kaki sekitar 1km. Karena umumnya pintu 2 kebun raya bogor hanya dibuka pada hari libur. Jadi jika anda ingin masuk, harus melalui pintu 1 dengan berjalan kaki sekitar 1km dari pintu 2 atau mengendarai kendaraan umum bernomor 06 atau 13. Namun, kami memutuskan untuk berjalan kaki untuk lebih menikmati perjalanan ini.
Tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah untuk motor Rp 3000, orang Rp 9500, mobil Rp 15500. Untuk usia 1 - 4 tahun tidak dikenakan biaya tiket. Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektar, jadi jika anda mengelilinginya dengan berjalan kaki maka akan cukup untuk membuat kaki anda terasa sakit. Sayangnya untuk berkeliling di dalam kebun raya bogor sepeda, sepeda motor dan bus tidak diijinkan, hanya mobil saja yang dapat berkeliling dengan bebas di dalam kebun raya bogor. Namun, tersedia mobil wisata bagi pengunjung. Untuk menaiki mobil wisata tersebut dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. Dengan menumpang mobil wisata tersebut anda tidak hanya dapat mengelilingi kebun raya bogor, namun juga mendapat tour guide yaitu supirnya sendiri yang akan menjelaskan mengenai berbagai koleksi tumbuhan yang terdapat di kebun raya bogor. Perjalanan dengan mobil wisata dilakukan selama sekitar 20 menit.
Di kebun raya bogor anda juga tidak perlu takut akan harga makanan yang ditawarkan. Harganya tergolong wajar, dengan rentang harga makanan berkisar mulai Rp 7000 dan untuk minuman berkisar mulai Rp 2000. Namun, tetap budayakan untuk bertanya dulu harga setiap makanan tersebut sebelum anda makan, ini wajib untuk para traveler :).
Tugu Kujang Bogor
Tugu Kujang di dekat Kebun Raya Bogor
Lelah setelah menikmati hijaunya kebun raya bogor, saya pun kembali ke jakarta. Dari kebun raya bogor saya ke tugu kujang dengan menumpang kendaraan umum bernomor 13, dilanjutkan kendaraan umum bernomor 03 hingga stasiun kereta bogor. Alasan saya menumpang 2 kendaraan umum berbeda tidak lain adalah untuk mempersingkat waktu dan menghindari macet. Namun, jika anda ragu dan hanya ingin menumpang 1 kendaraan umum saja anda dapat menumpang kendaraan umum 02 dekat kebun raya bogor atau bertanya kepada petugas DLLAJ yg bertugas. Dalam pengalaman saya para petugas ini sangat ramah dalam memberikan petunjuk.
Bogor adalah kota hujan, jadi agar perjalanan wisata anda lebih nyaman saya sangat menyarankan agar anda mengecek prakiraan cuaca sebelum anda berangkat. Karena, jika di sana hujan maka anda tidak akan dapat menikmati indahnya kebun raya bogor.
Wisata menuju Kebun Raya Bogor ini tergolong wisata yang sangat murah. Untuk transportasinya sendiri dari Stasiun Jakarta Kota hingga Kebun Raya Bogor pulang perginya hanya menghabiskan biaya Rp 20.000 - Rp 22.000 tergantung pada berapa kali transportasi yang ingin anda gunakan. Jika untuk makan anda menghabiskan Rp 10.000 maka jika dihitung maka total biayanya hanya sekitar 30 ribuan. Jika anda ingin membeli asinan sebagai makanan khas kota bogor harganya bervariatif mulai Rp 8.000 per bungkusnya hingga Rp 12.000. Murah kan ? :)
Selamat berwisata murah meriah ke kebun raya bogor ^_^


Komentar : Tempatnya sangat tepat untuk berwisata, dan harganya pun relatif murah. Anda bisa mencoba untuk menyelingi waktu liburan bersama keluarga.


Sumber : http://www.ckcybers.com/blog/wisata-murah-meriah-ke-kebun-raya-bogor

2 komentar: